BEST PRACTICE MATA PELAJARAN MATEMATIKA Oleh Agustihartono, S.Pd.

Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) Pada Kelas VIII SMP 26 Bengkulu Selatan Dengan Model Pembelajaran PBL

By. Agustihartono, S.Pd

 

Bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi dalam pembelajaran di SMP yang sudah diajarkan sejak sekolah dasar. Tapi kenyataannya di SMP masih banyak peserta didik  belum memahami seutuhnya materi tentang konsep bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Hal ini disebabkan karena masih rendahnya kemampuan dasar matematika yang dimiliki peserta didik dan rencana pelaksanaan pembelajaran masih terkesan  monoton dan berpusat pada guru sehingga pembelajaran masih terkesan berjalan satu arah. Guru menggunakan model dan media pembelajaran yang kurang inovatif serta alat peraga yang kurang menarik.

Oleh karena itu, berdasarkan situasi tersebut guru memiliki tantangan untuk meningkatkan pemahaman  konsep tentang materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok pada kelas VIII dengan cara menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Tantangan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah pertama kali pembuatan Modul ajar yang tepat, yang menggunakan model, metode, media, alat peraga dan instrumen penilaian yang sesuai dengan materi ajar. Dalam proses pembelajaran melibatkan peran guru dalam hal kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, guru pamong dan teman sejawat membantu dalm memperbaiki rencana pelaksanaan pembelajaran. Kedua dari sisi peserta didik yaitu peserta didik kurang terbiasa berliterasi dan numerasi pada  pelajaran matematika terutama pada soal yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.

Menurut Yulika (2019) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis Peserta didik yang menggunakan model PBL lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional,menurut Sitompul (2021) Model Pembelajaran PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis Peserta didik. Setelah membaca beberapa kajian literatur, model pembelajaran yang dianggap tepat dan cocok digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik adalah model PBL karena model pembelajaran ini dapat memancing peserta didik untuk berfikir kritis dan kreatif..

Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK yaitu dengan menggunakan video pembelajaran tentang Bangun ruang sisi datar kubus dan balok yang diintegrasikan dengan Power Point. Menurut Hasiru,dkk (2021)Media pembelajaran seperti vidio yang cukup efektif di guanakan untuk membantu peserta didik memahami pelajaran dengan baik. Dalam mencari video pembelajaran yang tepat, guru memanfaatkan media social Youtube, sementara dalam mengembangkan slide Power Point guru mengacu pada Modul ajar yang telah dibuat.

Pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan Power Point dan video youtube tersebut, disesuaikan dengan alat peraga yang mudah ditemukan dan dipakai di sekitar lingkungan peserta didik yaitu dengan      menggunakan rubik dan kotak kardus. Dalam hal ini guru juga melakukan pendampingan dan bimbingan ketika peserta didik melakukan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar yang menggunakan rubik dan kardus. Adapun aksi dan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan menggunakan 5 Tahap : Tahap I : Orientasi pada peserta didik dengan masalah konstektual melalui vidio pembelajaran, Tahap II : Mengorganisasikan peserta didik untuk mendiskusikan masalah pada LKPD bersama kelompoknya, Tahap III : Guru membimbing penyelidikan Peserta Didik, Tahap IV : Peserta didik mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Tahap V : Menganalisis dan mengevaluasi proses          pemecahan masalah serta menyimpulkannya.

Dengan menggunakan metode PBL menunjukan dampak dan hasil yang efektif serta  mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep matematika dan menumbuhkan cara berfikir kritis dikarenakan peserta didik lebih bersemangat, memperhatikan dan ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran guru menggunakan alat peraga bangun ruang sisi datar yng kreatif dan inovatif serta media pembelajaran TPACK yaitu video pembelajaran yang diintegrasikan     dalam PPT (Power poin). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model PBL dengan kemampuan pemahaman matematis. Sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran. Sesuai dengan pendapat widia wati nabaho (2022) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemahaman matematis Kelas VIII SMP Negeri 2 Parbuluan, sehingga metode PBL sangat efektif untuk digunakan sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran khususnya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

 

Daftar Pustaka

Hasiru, D,dkk (2021). Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59-69.

 

Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis Peserta didik smp kelas ix. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45-54.

 

Trisnawati, Y. I., Sudargo, S., & Prasetyowati, D. (2019). Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning dan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 190-200.

 

Naibaho, w. w. (2022). pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi spldv di kelas viii smp negeri 2 parbuluan tp 2021/2022.

 

Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id)

Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id) Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id)

Website Pendaftaran MahaPeserta didik Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id) Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id)

Laman Akreditasi Universitas PGRI Madiun (url : https://akreditasi.unipma.ac.id)