JAMBORE PELAJAR TELADAN BANGSA 2022 TINGKAT NASIONAL

Foto untuk : JAMBORE PELAJAR TELADAN BANGSA 2022 TINGKAT NASIONAL

Ajang perlombaan kembali di adakan oleh MAARIF Institute kembali menyelenggarakan acara Jambore Pelajar Teladan Bangsa IX 2022, sejak pertama kali digelar pada 2012. Kegiatan yang bertujuan untuk membangun ketahanan komunitas berbasis sekolah, utamanya para pelajar ini diikuti oleh 100 peserta terbaik yang berasal 59 kota/kabupaten, dan 21 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam acara pembukaan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan “Saya mendukung penuh kegiatan jambore pelajar ini sebagai upaya untuk membangun karakter bangsa sesuai dengan ideologi Pancasila dengan berbagai ragam aktivitas untuk menyibukkan pelajar dengan aktivitas yang positif. Terlebih, nilai-nilai yang diusung MAARIF Institute hingga dikatakan seorang menjadi Pelajar Teladan berupa berakhlak mulia, berpikir secara lokal-nasional-global, gotong royong, mandiri, kritis, dan kreatif, sejalan dengan apa yang digariskan oleh Kemenko PMK,” jelas pak menteri.

Direktur Eksekutif MAARIF Institute, Abd. Rohim Ghazali, mengatakan bahwa kegiatan jambore ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai toleransi, inklusivisme dan kebhinekaan serta mengarusutamakan nilai-nilai kebangsaan yang moderat, toleran, dan inklusif di kalangan pelajar.

Sebagaimana diketahui, Jambore Pelajar Teladan Bangsa 2022 yang mengambil tema “Pelajar dan Peran Aktif Pencegahan Kekerasan di Era Digital” pendaftaran dibuka pada tanggal 17 oktober 2022- 03 Desember 2022 dan diumumkan pada tanggal 10 Desember 2022. Bagi peserta yang terpilih akan mengikuti proses kegiatan di Jakarta tepatnya berlangsung selama empat hari, pada 27 – 30 Desember 2022, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Siswi SMAN Negeri 1 Bengkulu Selatan Salsabila Muliad kelas 11 IPS 4 mewakili Provinsi Bengkulu pada Jambore Pelajar Teladan Bangsa IX 2022, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, 27–30 Desember 2022.

 

 

Sistem Seleksi Jambore Pelajar teladan bangsa

Penyelenggaraan Jambore Pelajar ini merupakan ketahanan komunitas berbasis sekolah dalam upaya merawat keindonesiaan kita. Pendaftaran berada di website https://maarifinstitute.org Untuk sistem pemilihannya tidak ada batasan per delegasi jika memang memenuhi kriteria penilaian maka peserta dinyatakan lolos.

  1. Essay

Bobot Penilaian paling besar terdapat di essay, untuk tema pada tahun ini adalah “Pelajar dan Peran Aktif Pencegahan Kekerasan di Era Digital” essay di tulis sebanyak 350-500 kata dan harus menggunakan bahasa yang baku. Untuk essay di sini salsa mengambil tentang Berita Hoax.

  1. Video Penjelasan Isi Essay

Disini Video harus dibuat secara menarik dan jelas agar mudah dipahami oleh pendengar. Jika ingin membuat video yang menarik kuncinya ada pada suara kita dan bagaimana penyampaian kita tentang isi essay tersebut yang membedakan dari yang lain, sebagai tambahan pakailah animasi yang beragam agar video tidak membosankan.

  1. Membuat Lembaran Motivasi

Didalam membuat lembaran motivasi teman-teman harus memaparkan apa latar belakang teman- teman mengikuti kegiatan Jambore Pelajar Pelajar Teladan Bangsa ini dan membuat argumentasi yang bisa menyakinkan juri kalau seandainya terpilih program apa yang nantinya bisa dijalankan ketika selesai kegiatan tersebut.

Tahun Berikutnya Jika JPTB di adakan di Provinsi Bengkulu Maka para alumni dari delegasi tersebut di hubungi untuk menjadi fasilitator untuk kegiatan selanjutnya.