PEMBUKAAN FESETIVAL SENI BUDAYA DAN KREASI (FESBUK) TAHUN 2023 SMA NEGERI 1 BENGKULU SELATAN

Foto untuk : PEMBUKAAN FESETIVAL SENI BUDAYA DAN KREASI (FESBUK) TAHUN 2023 SMA NEGERI 1 BENGKULU SELATAN

PEMBUKAAN FESETIVAL SENI BUDAYA DAN KREASI (FESBUK) TAHUN 2023

SMA NEGERI 1 BENGKULU SELATAN

“WIYASA BUDAYA, JAYA BANGSA” MEMBANGUN BUDAYA HIDUPLAH BANGSA

 

Kegiatan Festival Seni Budaya dan Kreasi (FESBUK) di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan sebagai rangkaian kegiatan acara peringatan hari ulang tahun SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan yang ke-60 diharapkan menjadi salah satu elemen yang menghantarkan generasi muda Bengkulu  menjadi generasi muda berkemajuan dan berjati diri dengan budaya sendiri. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah Wiyasa Budaya, Jaya Bangsa yaitu membangun budaya , hiduplah bangsa.

Kegiatan FESBUK tahun 2023 diselenggarakan pada tanggal 24 – 26 Januari 2023 yang di buka olehGubernur Bengkulu yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs. Eri Yulian Hidayat di tandai dengan pemukulan dol di dampingi oleh Asisten 1 Bupati, Ibu Bupati dan Ibu wakil Bupati Bengkulu Selatan dan Kacabdin  tamu undangan kehormatan. Dalam sambutan pembukaannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan sebagai sekolah tertua di Kabupaten Bengkulu Selatan mempunyai tanggung jawab besar terhadap kesinambungan generasi pembangunan daerah. Tidak hanya menempa calon generasi penerus bangsa di bidang akademik maupun akademik juga memgambil peran dalam mempertahankan jati diri bangsa yang memilki kekayaan budaya dan tradisi. Budaya di kabupaten Bengkulu Selatan yang memiliki nilai luhur dan pesan moral dalam menata keharmonian kehidupan masyarakat menjadi modal dalam pembangunan. Nilai kearifan lokal ditengah gempuran budaya asing di zaman milenial disatu sisi merupakan interaksi antar bangsa untuk saling bekerja sama akan tetapi disisi lain dapat menghilangkan budaya lokal.

Maka SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan harus berupaya menjembatani generasi muda di era digital ini dengan tetap mempertahankan budaya daerah sebagai suatu aset dalam pergaulan nasional maupun internasional. Sehingga generasi muda kita tidak merasa budaya bangsa lain lebih tinggi dan keren di bandingkan dengan budaya daerah Bengkulu.   

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama tamu undangan mengunjungi stand kreasi kuliner daerah yang menyajikan menu masakan khas daerah Manna Bengkulu Selatan dan mengadakan dialog langsung dengan siswa-siswi tentang proses pembuatan masakan. Kemeriahan acara ini juga ditutup dengan Tari Andun Masal yang diikuti oleh dewan guru siswa dan tamu undangan. (humas_mastry)